Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Belajar Teknik Foto Levitasi

  • Monday, February 8, 2016
  • ristiyono wae



  • Apakah sebelumnya Anda pernah melihat foto seseorang yang melayang di udara seperti pada foto di atas? Itulah yang dinamakan teknik levitasi (levitation). Orang awam bisa saja menganggap itu hasil manipulasi menggunakan photoshop padahal itu murni hasil teknik fotografi.
    Ada banyak kreasi foto levitasi oleh para fotografer dunia mulai dari yang biasa-biasa saja sampai yang ekstrim. Untuk foto levitasi yang ekstrim Anda membutuhkan seseorang yang nekad melakukan adegan tersebut tapi sebaiknya Anda berkreasi untuk levitasi yang aman-aman saja. Saya tidak ingin merekomendasikan Anda kepada hal yang beresiko.

    Cara menggunakan teknik levitasi sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menguasai penggunaan shutter speed. Oke, langsung saja kita bahas persiapan dan tata caranya.

    1. Buatlah konsep terlebih dahulu untuk adegan levitasi seperti apa yang Anda inginkan. Tapi sekali lagi saya ingatkan jangan melakukan hal yang berbahaya. Mulailah dari adegan yang biasa-biasa saja atau cukup dengan melompat saja.

    2. Selanjutnya siapkan seseorang untuk melakukan adegan levitasi sesuai konsep Anda.

    3. Pilihlah waktu di siang hari. Karena di sini kita akan menggunakan shutter speed yang sangat cepat maka kita membutuhkan pencahayaan yang cukup agar hasilnya tidak gelap.

    4. Setting kamera Anda pada mode manual (M). Untuk shutter speed gunakan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 1/1000 agar tidak terjadi motion / blur pada hasilnya nanti. Untuk aperture gunakan pembukaan terbesar. Sedangkan untuk ISO sesuaikan saja dengan kecerahan gambar. Bila hasilnya gelap akibat shutter speed yang cepat maka naikkan ISOnya beberapa stop hingga Anda rasa itu cukup.

    5. Gunakan jenis shoot "Continuous Shooting".

    6. Sebelum memulai adegan levitasi berilah aba-aba yang jelas pada hitungan berapa dia harus beraksi.

    7. Sebaiknya melakukan adegan levitasi dengan halus dan rapi. Jangan asal melompat hingga bajunya ikut terangkat. Buatlah seolah-olah dia melayang di udara.

    8. Ketika memotret usahakan Anda bisa mejangkau bayangan orang yang melakukan adegan levitasi. Tips ini agar foto Anda benar-benar terlihat real dan bukan rekayasa photoshop.

    9. Jika masih terjadi motion / blur saat melakukan adegan, maka ubah kembali shutter speed dan tambah kecepatannya.

    10. Terus ulangi adegan hingga mendapat hasil yang maksimal.


    Selamat mencoba dan ingat, jangan lakukan adegan yang berbahaya jika masih pemula.

    0 comments: